SLDSHOW PT.RIFA

Alamat dan no telp

VILA MUTIARA CIKARANG 2 BLOK.C1 NO.29, SUKA SEJATI, CIKARANG SELATAN, KAB. BEKASI, JAWA BARAT, (17530)
TELP : 021 896 77 171, HP: 0813 1592 2212   email: rifa.rkt@gmail.com

TEXT JALAN

PT. Rifa Karya Teknika adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan rewinding electric motor, DC motor, Generator, Variable Speed ( VS Motor ), Transformator dan Mechanical .       Banyak pekerjaan yang telah kami selesaikan, sehingga secara konsisten kami dapat bersaing dengan perusahaan lain baik secara kualitas pekerjaan ataupun ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan dan delivery.       Mutu dan delivery merupakan komitmen kami serta menjamin hasil yang berkualitas sesuai dengan spesifikasi.        VISI    Menjadi Perusahaan yang Kompetitif, Tangguh dan Terpercaya khususnya dibidang jasa rewinding electro motor        MISI    Meningkatkan nilai perusahaan melalui Kreatifitas, Inovasi dan Pengembangan Kompetensi SDM     Menjalankan usaha secara adil dengan memperhatikan azas manfaat bagi semua pihak yang terlibat      Mengutamakan kepentingan pelanggan dengan cara menghasilkan produk yang berkualitas tinggi        LINGKUP PEKERJAAN :    # ELECTRICAL SERVICE :  • AC Induction Motor High Voltage & Low Voltage • DC Motor & Generator • DC Generator • VS Motor • Slip – ring Motor • Transformator • Servo Motor + Encoder • Servo Drive • Dan Lain – Lain     MECHANIKAL SERVICE :  • Submersible Pump • Vibrator • Dynamic Balancying • Machining All Part     SPARE – PART SUPPLY :  • Bearing • DC Armathure Commutators • Slip – ring • Terminal Box • Cooling Fan • Carbon Brush • Brush Holder • Mechanikal seal               LIST OF CUSTOMERS :   KAWASAN INDUSTRI MM2100   1. NOK INDONESIA   2. KEIHIN INDONESIA   3. JX NIPPON LUBRICANT INDONESIA   4. TOYOTA ASTRA MOTOR   5. PANTOS LOGISTIC      EJIP IDUSTRIAL ESTATE   1. KANEFUSA INDONESIA   2. EAGLE INDUSTRY INDONESIA   3. HIROSE ELEKTRIK INDONESIA   4. BIMA INDOPRIMA      KAWASAN INDUSTRI JABABEKA   1. REX PLAST   2. DM INDONESIA   3. MONDE MAHKOTA BISCUITS   4. DAE YOUNG APEX INDONESIA   5. YAMAGUCI INDONESIA      KAWASAN INDUSTRI DELTA SILICON 1   1. BIOTEK INDONESIA   2. CABLE TECH INDONESIA   3. INTI POLIMETAL   4. VISTA KUSUMA   5. TAKAGI SARI MULTI UTAMA   6. SARI ENESIS INDAH      KAWASAN INDUSTRI DELTA SILICON 2   1. AJE INDONESIA   2. TOYO PLAST MANUFACTURING INDONESIA   3. JAE HYUN INDONESIA      KAWASAN INDUSTRI DELTA SILICON 5   1. WELPART INDONESIA   2. CATUR MITRA SUKSES MAKMUR      KAWASAN INDUSTRI HYUNDAI   1. REYCOM DOCUMENT SOLUSI   2. FURUKAWA OTOMOTIF SYSTEM INDONESIA   3. DHARMA PRECISION TOOLS   4. TIGA BERLIAN ELEKTRIK      Kawasan Industri GIIC   1. FUTABA INDUSTRIAL INDONESIA      KAWASAN INDUSTRI LAINNYA   1. NANDYA KARYA PERKASA   2. TRIMITRA SWADAYA   3. MODERN PLATIC INDUSTRY   4. LAUTAN ORGANO WATER   5. LAUTAN AJINOMOTO FINE   6. HOTEL TREVA INTERNATIONAL   7. MULTI NUSANTARA KARYA   8. JESI JASON SURYA MAKMUR   9. SICPA PERURI SECURIN                                                   Kami beralamat di : Vila Mutiara Cikarang 2 Blok.C1 No.29 Sukasejati, Cikarang Selatan, Kab. Bekasi     email: rifa.rkt@gmail.com     Telp.(021) 896 77 171        Contact person : # Darsikun (wa: 0813 1561 2232 )    # Tarhim Aji ( wa : 0818 0831 5952 )   # DARSIKUN SUGIONO :   - ( HP / WA : 0813 1561 2232 )   # TARKHIM AJI :   - ( HP / WA : 0818 0831 5952 )   # ANDI HERMAWAN :   - ( HP / WA : 0823 2402 0689 )   # EVA :   - ( HP / WA : 0813 1592 2212 )

Selasa, 09 April 2013

kerusakan motor 3 phase

Kerusakan motor kebanyakan disebabkan oleh al 5 factor :

. panas,
· kotor,
· lembab,
· vibrasi.
· Kwalitas supply listrik

Dengan fokus pada faktor tsb. dapatlah di eliminir : jumlah kerusakan, kerugian, ongkos maintenance.

Dibagi menurut asal sebab kerusakan :
· kerusakan dari luar motor : kwalitas masukan tenaga listrik, misalignment, kondisi lingkugan panas/lembab/tidak ada ventilasi, kondisi beban
· kerusan dari dalam motor : aging/penuaan, degradasi.

Atau
· Kerusakan karena listrik :
· Kerusakan mekanis.
Panas /over-heating:
Penyebab terbesar kerusakan motor sehingga motor tidak dapat mencapai umur pakai yang seharusnya ialah “over-heating atau panas berlebihan”, Setiap mengalami Kenaikan temperature 10 derajat, dari temperature normalnya, berakibat memotong umur motor 50% , meskipun kenaikan terjadi hanya sementara.
Sebab over-heating al:
· Memilih motor terlalu kecil, sehingga motor harus menderita over-current, berarti kondisi operasinya lebih panas. Tetapi jika memilh motor terlalu besar berakibat pemakaian listrik tidak efisien berarti pemborosan.
· Sistem starting, kebanyakan motor dipasang dengan “direct starting” . sistem ini menimbulkan arus Starting-current terlampau besar (5 kali lebih), sehingga menimbulkan panas yang besar, lebih2 jika sering start-stop. Untuk itu perlu dipasang sistem start al: star-delta, fluid-couplig, pengubah-frequensi, dll
· Start-stop terlalu sering tanpa memperhartikan jedah antar waktu start sangat menimbulkan kerusakan. (lihat tabel minmum jedah waktu)
· Environment - ambient temperature tinggi,, mengakibatkan operating temperture motor lebih tinggi dari seharusnya.
· Ventilasi ruang kurang bagus menimbulkan symtem pendinginan motor tidak baik. Mengakibatkan operating temperature motor naik.
· Kondisi motor: fan rusak, body motor kotor, saluran pendingin buntu/kotor dll. Mengganggu penginan.
· Kondisi beban : kopling misaligment, beban terlalu besar, beban tidak normal,
Kotor
Debu / Kotoran yg terakumulasi akan merusak komponen listrk maupun mekanical. Umumnya terakumulasi pada permukaan badan motor , saluran pendinginan, fin, fan mengakibatkan pendinginan terganngu dan panasan motor berlebih. Motor type ODP , kotoran debu masuk dan terkumpul kedalam winding menimbulkan kerusakan isolasi / winding.
Moisture / lembab
Lembab atau embun juga merusak komponen listrik dan mekanikal, yang mengakibatkan pengkaratan pada poros, bearing, rotor, stator, laminasi. Jika penetrasi ke isolasi mengkaibatkan degradasi isolasi dan rusak.
Vibrasi
Vibrasi merupakan indikasi bahwa kondisi motor sedang mengalami masalah. Besar Vibrasi yang melebih harga yang diijinkan dapat menyebabka kerusakan yang lebih parah. Sumber vibrasi dpat dari motor atau dari mesin yang digerakan (load) bahkan mungki juga dari kedua2nya.
Sebab vibrasi a.l dari kondisi :
· Misalignment motor terhadap load (mesin yang digerakan),
· Kendor pada fondasi nya Motor atau load
· Kondisi Soft-foot pada fondasi nya Motor atau load
· Rotor unbalance ( Motor atau load)
· Bearing aus atau rusak, meyebabkan poros berputar tidak sentris.
· Akumulasi karat atau kotoran pada komponen putar (rotor)
· Sewaktu memasang rotor/bearing motor sehabis overhaul/rewinding tidak aligment.
Kwalitas Listrik
Kwalitas suply tenaga sangat menentukan umur motor listrik, hal2 yang harus dihindari. al:
· Voltage sering naik -turun melebihi harga toleransi, under/over voltage dapat menimbulakan overheating didalam winding, berakibat umur motor menjadi pendek.
· Voltage spike akibat power swicthing atau serangan halilintar (lightning strikes) juga menyebabkan kerusakan isolasi winding.
· Voltage 3 phase tidak balance melebihi harga toleransi, sering terjadi sebagai sebab kerusakan winding.
Beberapa sebab lain al:
· Pemilihan pelumas harus sesuai specifikasi, penggantian/penambahan dilakukan dan terjadwal dengan baik.
· Pemilihan dan pemeliharaan kopling sama pentingnya dengan komponen lain.
· Seting bearing dan komponen lain harus sesuai dengan standard.

Setelah kita mengetahui beberapa sebab kerusakan, kita dapat merencanakan program pemeliharaan dan langkah pelaksanaan yang sesuai.

Jumat, 06 Juli 2012

DASAR - DASAR MOTOR INDUKSI 3 PHASA | PRINSIP KERJA MOTOR 3 FASA

Teori Dasar Motor Induksi Tiga Fasa. Motor induksi adalah suatu mesin listrik yang merubah energi listrik menjadi energi gerak dengan menggunakan gandengan medan listrik dan mempunyai slip antara medan stator dan medan rotor. Motor induksi merupakan motor yang paling banyak kita jumpai dalam industri.
Stator adalah bagian dari mesin yang tidak berputar dan terletak pada bagian luar. Dibuat dari besi bundar berlaminasi dan mempunyai alur – alur sebagai tempat meletakkan kumparan.
Rotor sangkar adalah bagian dari mesin yang berputar bebas dan letaknya bagian dalam. Terbuat dari besi laminasi yang mempunayi slot dengan batang alumunium / tembaga yang dihubungkan singkat pada ujungnya.
Rotor kumparan ( wound rotor ), Kumparan dihubungkan bintang dibagian dalam dan ujung yang lain dihubungkan dengan slipring ke tahanan luar. Kumparan dapat dikembangkan menjadi pengaturan kecepatan putaran motor. Pada kerja normal slipring hubung singkat secara otomatis, sehingga rotor bekerja seperti rotor sangkar. 
Keuntungan motor tiga phasa : 
  • Konstruksi sangat kuat dan sederhana terutama bila motor dengan rotor sangkar.
  • Harganya relatif murah dan kehandalannya tinggi.
  • Effesiensi relatif tinggi pada keadaan normal, tidak ada sikat sehingga rugi gesekan kecil.
  • Biaya pemeliharaan rendah karena pemeliharaan motor hampir tidak diperlukan.
Kerugian Penggunaan Motor Induksi
  • Kecepatan tidak mudah dikontrol
  • Power faktor rendah pada beban ringan
  • Arus start biasanya 5 sampai 7 kali dari arus nominal
Prinsip kerja Motor 3 Phasa
  1. Bila sumber tegangan tiga phasa dipasang pada kumparan stator, maka pada kumparan stator akan timbul medan putar dengan kecepatan, ns = 120f/P , ns = kecepatan sinkron, f  = frekuensi sumber, p  = jumlah kutup
  2. Medan putar stator akan memotong konduktor yang terdapat pada sisi rotor, akibatnya pada kumparan rotor akan timbul tegangan induksi ( ggl ) sebesa E2s = 44,4fnØ . Keterangan : E = tegangan induksi ggl, f = frekkuensi, N = banyak lilitan, Q = fluks
  3. Karena kumparan rotor merupakan kumparan rangkaian tertutup, maka tegangan induksi akan menghasilkan arus ( I ).
  4. Adanya arus dalam medan magnet akan menimbulkan gaya ( F ) pada rotor.
  5. Bila torsi awal yang dihasilkan oleh gaya F pada rotor cukup besar untuk memikul torsi beban, maka rotor akan berputar searah dengan arah medan putar stator.
  6. Untuk membangkitkan tegangan induksi E2s agar tetap ada, maka diperlukan adanya perbedaan relatif antara kecepatan medan putar stator (ns) dengan kecepatan putar rotor (nr).
  7. Perbedaan antara kecepatan nr dengan ns disebut dengan slip ( S ) yang dinyatakan dengan Persamaan S = ns-nr/ns (100%)
  8. Jika ns = nr tegangan akan terinduksi dan arus tidak mengalir pada rotor, dengan demikian tidak ada torsi yang dapat dihasilkan. Torsi suatu motor akan timbul apabila ns > nr.
  9. Dilihat dari cara kerjanya motor tiga phasa disebut juga dengan motor tak serempak atau asinkron.

Oleh : Ir. H. SUTEDJO ABDURRAHMAN, MT