SLDSHOW PT.RIFA

Alamat dan no telp

VILA MUTIARA CIKARANG 2 BLOK.C1 NO.29, SUKA SEJATI, CIKARANG SELATAN, KAB. BEKASI, JAWA BARAT, (17530)
TELP : 021 896 77 171, HP: 0813 1592 2212   email: rifa.rkt@gmail.com

TEXT JALAN

PT. Rifa Karya Teknika adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan rewinding electric motor, DC motor, Generator, Variable Speed ( VS Motor ), Transformator dan Mechanical .       Banyak pekerjaan yang telah kami selesaikan, sehingga secara konsisten kami dapat bersaing dengan perusahaan lain baik secara kualitas pekerjaan ataupun ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan dan delivery.       Mutu dan delivery merupakan komitmen kami serta menjamin hasil yang berkualitas sesuai dengan spesifikasi.        VISI    Menjadi Perusahaan yang Kompetitif, Tangguh dan Terpercaya khususnya dibidang jasa rewinding electro motor        MISI    Meningkatkan nilai perusahaan melalui Kreatifitas, Inovasi dan Pengembangan Kompetensi SDM     Menjalankan usaha secara adil dengan memperhatikan azas manfaat bagi semua pihak yang terlibat      Mengutamakan kepentingan pelanggan dengan cara menghasilkan produk yang berkualitas tinggi        LINGKUP PEKERJAAN :    # ELECTRICAL SERVICE :  • AC Induction Motor High Voltage & Low Voltage • DC Motor & Generator • DC Generator • VS Motor • Slip – ring Motor • Transformator • Servo Motor + Encoder • Servo Drive • Dan Lain – Lain     MECHANIKAL SERVICE :  • Submersible Pump • Vibrator • Dynamic Balancying • Machining All Part     SPARE – PART SUPPLY :  • Bearing • DC Armathure Commutators • Slip – ring • Terminal Box • Cooling Fan • Carbon Brush • Brush Holder • Mechanikal seal               LIST OF CUSTOMERS :   KAWASAN INDUSTRI MM2100   1. NOK INDONESIA   2. KEIHIN INDONESIA   3. JX NIPPON LUBRICANT INDONESIA   4. TOYOTA ASTRA MOTOR   5. PANTOS LOGISTIC      EJIP IDUSTRIAL ESTATE   1. KANEFUSA INDONESIA   2. EAGLE INDUSTRY INDONESIA   3. HIROSE ELEKTRIK INDONESIA   4. BIMA INDOPRIMA      KAWASAN INDUSTRI JABABEKA   1. REX PLAST   2. DM INDONESIA   3. MONDE MAHKOTA BISCUITS   4. DAE YOUNG APEX INDONESIA   5. YAMAGUCI INDONESIA      KAWASAN INDUSTRI DELTA SILICON 1   1. BIOTEK INDONESIA   2. CABLE TECH INDONESIA   3. INTI POLIMETAL   4. VISTA KUSUMA   5. TAKAGI SARI MULTI UTAMA   6. SARI ENESIS INDAH      KAWASAN INDUSTRI DELTA SILICON 2   1. AJE INDONESIA   2. TOYO PLAST MANUFACTURING INDONESIA   3. JAE HYUN INDONESIA      KAWASAN INDUSTRI DELTA SILICON 5   1. WELPART INDONESIA   2. CATUR MITRA SUKSES MAKMUR      KAWASAN INDUSTRI HYUNDAI   1. REYCOM DOCUMENT SOLUSI   2. FURUKAWA OTOMOTIF SYSTEM INDONESIA   3. DHARMA PRECISION TOOLS   4. TIGA BERLIAN ELEKTRIK      Kawasan Industri GIIC   1. FUTABA INDUSTRIAL INDONESIA      KAWASAN INDUSTRI LAINNYA   1. NANDYA KARYA PERKASA   2. TRIMITRA SWADAYA   3. MODERN PLATIC INDUSTRY   4. LAUTAN ORGANO WATER   5. LAUTAN AJINOMOTO FINE   6. HOTEL TREVA INTERNATIONAL   7. MULTI NUSANTARA KARYA   8. JESI JASON SURYA MAKMUR   9. SICPA PERURI SECURIN                                                   Kami beralamat di : Vila Mutiara Cikarang 2 Blok.C1 No.29 Sukasejati, Cikarang Selatan, Kab. Bekasi     email: rifa.rkt@gmail.com     Telp.(021) 896 77 171        Contact person : # Darsikun (wa: 0813 1561 2232 )    # Tarhim Aji ( wa : 0818 0831 5952 )   # DARSIKUN SUGIONO :   - ( HP / WA : 0813 1561 2232 )   # TARKHIM AJI :   - ( HP / WA : 0818 0831 5952 )   # ANDI HERMAWAN :   - ( HP / WA : 0823 2402 0689 )   # EVA :   - ( HP / WA : 0813 1592 2212 )

Jumat, 06 Juli 2012

DASAR - DASAR MOTOR INDUKSI 3 PHASA | PRINSIP KERJA MOTOR 3 FASA

Teori Dasar Motor Induksi Tiga Fasa. Motor induksi adalah suatu mesin listrik yang merubah energi listrik menjadi energi gerak dengan menggunakan gandengan medan listrik dan mempunyai slip antara medan stator dan medan rotor. Motor induksi merupakan motor yang paling banyak kita jumpai dalam industri.
Stator adalah bagian dari mesin yang tidak berputar dan terletak pada bagian luar. Dibuat dari besi bundar berlaminasi dan mempunyai alur – alur sebagai tempat meletakkan kumparan.
Rotor sangkar adalah bagian dari mesin yang berputar bebas dan letaknya bagian dalam. Terbuat dari besi laminasi yang mempunayi slot dengan batang alumunium / tembaga yang dihubungkan singkat pada ujungnya.
Rotor kumparan ( wound rotor ), Kumparan dihubungkan bintang dibagian dalam dan ujung yang lain dihubungkan dengan slipring ke tahanan luar. Kumparan dapat dikembangkan menjadi pengaturan kecepatan putaran motor. Pada kerja normal slipring hubung singkat secara otomatis, sehingga rotor bekerja seperti rotor sangkar. 
Keuntungan motor tiga phasa : 
  • Konstruksi sangat kuat dan sederhana terutama bila motor dengan rotor sangkar.
  • Harganya relatif murah dan kehandalannya tinggi.
  • Effesiensi relatif tinggi pada keadaan normal, tidak ada sikat sehingga rugi gesekan kecil.
  • Biaya pemeliharaan rendah karena pemeliharaan motor hampir tidak diperlukan.
Kerugian Penggunaan Motor Induksi
  • Kecepatan tidak mudah dikontrol
  • Power faktor rendah pada beban ringan
  • Arus start biasanya 5 sampai 7 kali dari arus nominal
Prinsip kerja Motor 3 Phasa
  1. Bila sumber tegangan tiga phasa dipasang pada kumparan stator, maka pada kumparan stator akan timbul medan putar dengan kecepatan, ns = 120f/P , ns = kecepatan sinkron, f  = frekuensi sumber, p  = jumlah kutup
  2. Medan putar stator akan memotong konduktor yang terdapat pada sisi rotor, akibatnya pada kumparan rotor akan timbul tegangan induksi ( ggl ) sebesa E2s = 44,4fnØ . Keterangan : E = tegangan induksi ggl, f = frekkuensi, N = banyak lilitan, Q = fluks
  3. Karena kumparan rotor merupakan kumparan rangkaian tertutup, maka tegangan induksi akan menghasilkan arus ( I ).
  4. Adanya arus dalam medan magnet akan menimbulkan gaya ( F ) pada rotor.
  5. Bila torsi awal yang dihasilkan oleh gaya F pada rotor cukup besar untuk memikul torsi beban, maka rotor akan berputar searah dengan arah medan putar stator.
  6. Untuk membangkitkan tegangan induksi E2s agar tetap ada, maka diperlukan adanya perbedaan relatif antara kecepatan medan putar stator (ns) dengan kecepatan putar rotor (nr).
  7. Perbedaan antara kecepatan nr dengan ns disebut dengan slip ( S ) yang dinyatakan dengan Persamaan S = ns-nr/ns (100%)
  8. Jika ns = nr tegangan akan terinduksi dan arus tidak mengalir pada rotor, dengan demikian tidak ada torsi yang dapat dihasilkan. Torsi suatu motor akan timbul apabila ns > nr.
  9. Dilihat dari cara kerjanya motor tiga phasa disebut juga dengan motor tak serempak atau asinkron.

Oleh : Ir. H. SUTEDJO ABDURRAHMAN, MT

Rabu, 08 Februari 2012

Jasa gulung Dinamo/ Motor Listrik

MENGGULUNG MOTOR LISTRIK 3 FASA




I.BAGIAN -BAGIAN MOTOR 3 FASA
Motor 3 fasa pada dasarnya terdiri dari Stator yaitu bagian yang diam(statis) dan Rotor yaitu bagian yang bergerak / berputar (rotasi).

II.ALAT DAN BAHAN
Peralatan yang harus disediakan sebagai acuan dalam melilit stator adalah sebagai berikut:
A. Alat :
1. Kunci pas/ring
2. Obeng
3. Tracker
4. Palu
5. AVO meter
6. Megger/insulation tester
7. Solder
8. Tacho meter
9. Sikat kawat


A. Bahan :
1. Kawat email
2. Kertas prispan/insulation paper
3. Lak/insulation laquer
4. Selongsong (slove)
5. Kertas gosok
6. Kabel NYAF
7. Pelumas/grace
8. Kuas
9. Timah/tinnol
III.TEORI PENDUKUNG
A. Bentuk kumparan:
1. Memusat/konsentris/spiral winding
2. Jerat/buhul/lap winding
3. Gelombang

A. Rumus-rumus
Ujung-ujung kumparan diberi tanda dengan huruf-hurufU,V,W,X,Y, dan Z.bila pangkal diberi tanda U maka ujungnya X, pangkal V ujungnya Y dan pangkal W ujngnya Z.
Syarat jumlah slot, perhitungan jumlah slot harus bisa dbagi 4 dan 3


C. CONTOH PERHITUNGAN
1.Stator motor 3 fasa mempuyai alur (g)12 alur , jumlah kutub (2p)=4,single layer.
Penyelesaian :
Ys = G/2p =12/4 =3
Sehingga ujung kawat di masukkan pada alur nomor 1,maka ujung lainya pada alur nomor 4.
Q =G/2p.m =12/4.3 =1
Berarti jumlah kumparan tiap kelompok adalah 1.
K = G /2p =12/4=3
Tiap kutub terdiri dari 3 kumparan
KAR = 360/G =360/12 =30 radian
Jarak antar alur 30 radian
KAL =KAR .p =30 . 2=60 listrik
Kp =120/KAL =120/60 =2
Kalau fasa pertama di mulai dari alur 1 maka fasa kedua dari alur ke 3
Dafar lilitan : sigle layer berarti dalam satu alur hanya ada satu kumparan .
U | 1-4 I I 7-10 I X
V I 3-6 I I 9-12 I Y
W I 5-8 I I 11-2 I z
Gambar bentangan :



2. Double layer, sama seperti soal no 1 namun belitan yang digunakan adalah belitan double layer
U I 1-4 I I 7 - 4 I I 7-10 I I 1-10 I X
V I 3-6 I I 9 - 6 I I 9-12 I I 3-12 I Y
W I 5-8 I I 11-8 I I 11-2 I I 5 - 2 I z



3 .Perencanan motor 3 fase dengan jumlah alurnya 24 dan 36
Kutubnya dibuat 4 buah dengan belitan single layer.
Penyelesaian :
A. Untuk stator dengan 24 alur
Ys = G/2p =24/4 =6
Langkah belitan adalah 1 -7
Q =G/2p.m =24/4.3 =2
Berarti jumlah kumparan tiap kelompok adalah 2.
K = G /2p =24/4=6
Tiap kutub terdiri dari 6 kumparan
KAR = 360/G =360/24 =15 radian
Jarak antar alur 15 radian
KAL =KAR .p =15. 2=30 listrik
Kp =120/KAL =120/30 =4
Kalau fasa pertama di mulai dari alur 1 maka fasa kedua dari alur ke 5
Dafar belitannya sebagai berikut.
U I 1-7 I I 13-19 I X
I 2-8 I I 14-20 I

V I 5-11 I I 17-23 I Y
I 6-12 I I 18-24 I
W I 9-15 I I 21-3 I z
I 10-16I I 22-4 I
Gambar bentangan :





Penyelesaian :
B. Untuk stator dengan 36 alur
Ys = G/2p =36/4 =9
Langkah belitan adalah 1 -10
Q =G/2p.m =36/4.3 =3
Berarti jumlah kumparan tiap kelompok adalah 3.
K = G /2p =36/4=9
Tiap kutub terdiri dari 6 kumparan
KAR = 360/G =360/36 =10 radian
Jarak antar alur 15 radian
KAL =KAR .p =10. 2=20 listrik
Kp =120/KAL =120/20 =6
Kalau fasa pertama di mulai dari alur 1 maka fasa kedua dari alur ke 7
Dafar belitannya sebagai berikut.
U I 1-10 I I 19-28 I X
I 2-11 I I 20-29 I
I 3-12 I I 21-30 I
V I 7-16 I I 25-34 I Y
I 8-17 I I 26-35 I
I 9-18 I I 27-36 I
W I 13-22I I 31-4 I z
I 14-23I I 32-5 I
I 15-24I I 33-6 I
Gambar bentangan : 

Motor dengan kecapatan ganda
Motor dengan kecepatan ganda atau dua kecepaan ini bisa dibangun dengan dua cara, pertama memang belitan motor tersebut ada dua, misalnya satu belitan dengan kecepatan 3000 rpm, dan pada stator yang sama dibelitkan belitan kedua dengan kecepatan 1000 rpm, hal demikian tentu saja keterampilan yang sudah diperoleh sudah mencakupi, adapun cara kedua yaitu belitan Dahlander.
Belitan jenis ini tidak menggunakan rumus – rumus karena hanya mengembangkan system penyambungan belitan, berikut ini diberikan contoh – contoh belitan dahlander :
a. untuk motor dengan 24 alur

b. untuk motor dengan 36 alur





http://k3titl-smknesaba.blogspot.com/